Monday, September 30, 2019

Apa untungnya menggunakan Google AdWords di blog kalian?

Pada saat kalian membuat blog pasti kalian akan mencari keywordnya terlebih dahulu untuk dapat membuat blog kalian berada di posisi teratas di mesin pencari khususnya Google dengan persaingan yang tidak terlalu banyak. Dan tentunya untuk mendapatkan uang dari blog yang kalian buat. Untuk itu Google telah membuat sebuah web yaitu dengan nama Google AdWords.

Menurut Wikipedia, Google AdWords merupakan sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Google AdWords memiliki 2 cara untuk periklanan mereka yaitu:

  1. Sistem PPM (Pay Per Million Impressions), di mana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.
  2. Dan Sistem PPC (Pay Per Click), di mana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.
Keuntungan menggunakan Google AdWords Di blog kalian adalah karena Google telah menguasai pangsa pasar Search Engine dunia, termasuk Indonesia. Google saat ini menguasai pangsa pasar mesin pencari secara global sebesar 92,74 persen, disusul oleh Yahoo (2,32 persen) dan Bing (2,17 persen). Tidak hanya itu saja target audience pada Google AdWords bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Jangkauan lokasi bisa kalian perluas di seluruh Indonesia. Anda bisa mempersempit jangkauan lokasi iklan sehingga target audience lebih spesifik.  

Kalian juga bisa mengatur iklan untuk tampil di perangkat apa saja. Orang-orang mengakses mesin pencari melalui berbagai perangkat, dari desktop, tablet, hingga smartphone. Kalian bisa mengatur iklan Anda untuk tampil di ketiga perangkat sekaligus atau memilih beberapa di antaranya saja. Dan yang terpenting Google AdWords menggunakan Biaya yang tidak banyak. Kalian bisa mengatur estimasi biaya kalian di angka yang minim sekalipun. Di percobaan yang saya lakukan dengan target lokasi seluruh Indonesia, estimasi biayanya adalah 300 ribu per bulan. Itu baru estimasi. Biaya yang kalian keluarkan bisa lebih sedikit dari jumlah tersebut. Sebab Google menerapkan Pay Per Click atau PPC. Jadi Anda hanya membayar biaya iklan jika target audience membuka iklan kalian.

Cara Kerja dari Google AdWords yaitu pada satu keyword dapat ditargetkan oleh banyak blogger. Misalnya blog kalian adalah edukasi android dan kalian ingin menargetkan kata kunci “Android”. Blog kalian bukan satu-satunya yang menargetkan kata kunci tersebut. Kompetitor kalian bisa jadi menargetkan kata kunci yang sama. Banyaknya blog yang menargetkan suatu keyword membuat Google harus menilai setiap pengiklan secara adil untuk menentukan iklan mana yang memenangkan persaingan di satu keyword.

No comments:
Write comments