Friday, October 4, 2019

Update Terbaru iOS Apple dengan Pembaruan yang Menarik

Perusahaan Apple akhirnya merilis update terbaru iOS mereka yaitu iOS 13 yang akan menggantian iOS 12. Perusahaan ini pun juga menjelaskan tentang berbagai hal baru yang ada pada software terbaru untuk iPhone ini. Wakil Presiden Senior Apple Craig Federighi mengatakan, Apple menghadirkan berbagai peningkatan pada iOS 13 dan software ini menawarkan sejumlah keunggulan ketimbang versi sebelumnya.

Di versi terbarunya ini Apple telah menambahkan aspek keamanan mereka yaitu dengan menambal celah keamanan keyboard pihak ketiga yang belakangan telah diwanti-wanti oleh Apple kepada penggunanya. Celah ini memungkinkan akses pengiriman data tentang apapun yang diketik pengguna melalui internet, tanpa harus izin dari pengguna.

Selain menutup celah keamanan, pembaruan ini juga memperbaiki masalah baterai boros yang dialami beberapa pengguna. iOS 13 turut mengatasi masalah versi sebelumnya yang mencegah pengguna melakukan restore data perangkat dari backup.
Terdapat pula beberapa fitur tambahan yang di berikan oleh OS ini, seperti

  1. Dark Mode
    Fitur baru ini lah yang sangat ditunggu–tunggu oleh para pengguna Apple. Fitur ini tentu sebelumnya ada tapi hanya mempengaruhi beberapa aplikasi iOS saja. Sekarang dark mode yang ada di iOS 13 akan berlaku untuk sistem Apple. Jadi Anda tidak perlu lagi mengubah setting dark mode tiap aplikasi satu per satu lagi.
  2. Revamp Photo App
    Aplikasi galeri dan photo pada iOS 13 mendapatkan sentuhan baru agar penggunaanya lebih mudah. Kalian bisa membuat kategori sendiri untuk tag foto. Dalam fitur ini juga, foto yang kalian ambil akan ditandai untuk lokasi, tag angka foto yang diambil untuk tanggal tertentu, galeri yang juga memutar video preview dan masih banyak lagi tambahan fitur lainnya.
  3. Suara Baru untuk Siri
    Tidak semua orang suka dengan suara Siri, tapi sekarang suara dari program assistance ini menjadi lebih manusia dan tentunya tetap jelas. Anda yang sering menggunakan Siri untuk kebutuhan sehari – hari pasti akan menyukai fitur suara baru ini.
  4. Sign In Semakin Mudah
    Jika kalian biasa menggunakan aplikasi Google, Google biasanya langsung memasukan kalian untuk kebutuhan sign in ke berbagai app dan kebutuhan log-in lainnya. Autentifikasi dengan Apple dulunya tidak semudah menggunakan Google Account. Kalian harus mengulang sign in beberapa kali sebelum masuk ke fitur yang diinginkan. Namun sekarang kalian cukup menggunakan autentifikasi dengan Face ID ataupun Touch ID untuk log-in ke banyak app dan website dengan mudah. 
Tetapi bagi kalian pengguna perangkat Apple lama, kalian tidak akan dapat merasakan iOS 13 terbaru ini. Adapun perangkat Apple yang dimaksud seperti: iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, iPod touch generasi ke-6, iPhone 5s, iPhone 6, hingga iPhone 6 Plus. Tapi tak perlu cemas karena Apple juga mengupdate iOS 12 mereka, yaitu iOS versi 12.4.2. 

Meski hadir sebagai versi terbaru, Apple sebenarnya tak banyak menyertakan fitur anyar seperti yang ada di iOS 13. Pembaruan ini kebanyakan berisi solusi penyelesaian sejumlah bug dan celah keamanan yang ditemukan di versi iOS sebelumnya.

No comments:
Write comments