Saturday, August 17, 2019

Pengertian Android Studio

Hello my friends


Apa kalian tau dari mana asal Aplikasi-aplikasi yang ada di Smartpone kalian itu? Nah sebagian besar aplikasi di smartphone kalian dibuat dengan menggunakan Android Studio.

Apa Itu Android Studio??

Android Studio adalah suatu Integrated Development Enviroment (IDE) untuk Sistem Operasi Android yang di bangun di atas perangkat lunak JetBrains IntelliJ IDEA dan didesain khusus untuk pengembangan Android. Intinya Android Studio ini merupakan sarana bagi para programmer untuk mengembangkan aplikasi aplikasi yang diperuntukkan untuk android 

Android Studio pertama kali diumumkan di Google I/O Conference pada tahun 2013 dan dirilis ke publik pada tahun 2014 setelah berbagai versi beta. Sebelum ada Android Studio, aplikasi Android biasa dikembangkan dengan menggunakan Eclipse IDE yaitu IDE Java yang lebih general dan mendukung berbagai bahasa programming. Bagi Anda yang ingin membuat aplikasi, Android Studio akan mempermudah proses pengembangan aplikasi.

Salah satu tugas Android sebagai Integrated Development Environment adalah menyediakan interface untuk Anda membuat aplikasi dan mengelola manajemen file yang bisa dibilang kompleks. Bahasa programming yang akan Anda gunakan adalah Java. Di Android Studio, Anda hanya perlu menulis, mengedit, dan menyimpan project beserta berbagai file yang berhubungan dengan project itu.

Tidak hanya itu, Android Studio juga memberi Anda akses ke Android Software Development Kit (SDK). SDK ini bisa dibilang sebagai ekstensi dari kode Java yang memperbolehkannya untuk berjalan dengan mulus di device Android. Jadi, kalau Java dibutuhkan untuk menulis programnya, Android SDK diperlukan untuk menjalankan programnya di Android. Untuk menggabungkan keduanya, Anda memerlukan Android Studio. Selain itu, jika Anda menemukan bug pada aplikasi Anda, Anda juga bisa menggunakan Android Studio untuk memperbaikinya.

Google sendiri terus mencoba mengoptimasi Android Studio untuk memastikan bahwa software ini dapat membantu Anda membangun aplikasi Android Anda. Saat Anda melakukan coding, mereka menawarkan live hints atau petunjuk langsung. Tidak hanya itu, mereka juga akan memberi Anda saran jika menurut mereka ada yang salah atau ada hal yang bisa membuat coding Anda lebih efisien. Saat Anda mulai mengetik sebuah line coding, Android Studio juga akan memberi Anda saran kode-kode yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat proses koding Anda atau jika Anda lupa dengan sebuah kode.

Fitur Fitur Android Studio

Berikut beberapa fitur yang bisa kalian dapatkan di Android Studio:
  • Dukungan Gradle-based build
  • Android-specific refactoring dan perbaikan cepat
  • Lint tools untuk menangkap kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainnya
  • Integrasi Proguard dan kemampuan penananda tanganan aplikasi
  • Template-based wizards untuk membuat template design umum seperti drawer atau empty activity
  • Mendukung untuk pengembangan aplikasi Android Wear.
  • Editor tata letak yang memungkinkan pengguna untuk menyeret dan menjatuhkan (drag-and-drop) komponen UI, opsi untuk melihat tata letak pada beberapa konfigurasi layar
  • Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, memungkinkan integrasi dengan Firebase Cloud Messaging (‘Perpesanan Google Cloud’ Sebelumnya) dan Google App Engine Android Virtual Device (Emulator) untuk menjalankan dan men-debug aplikasi di studio Android.

No comments:
Write comments